Yogi RPH Pernah Kerja di Pasar Malam Keliling

Jakarta, Nama Yogi Adi Setiawan atau Yogi RPH (Republik Pengvasa Hati), kini meroket di antara para pecipta lagu dangdut di tanah air. Yogi adalah pencipta lagu “Lagi Syantik” yang membawanya meraih predikat “Pencipta Lagu Dangdut/Dangdut Kontemporer Terbaik” versi AMI Awards 2018. Bagaimana perjalanan karier anak Klaten, Jawa Tengah yang dulu sempat kerja serabutan di sebuah pasar malam keliling itu?

Yogi lulus SMA di Klaten tahun 1997. Karena ekonomi keluarganya tidak terlalu baik, ia mengaku langsung mencari kerja. Pekerjaan pertama yang diperoleh Yogi adalah menjadi tukang dorong komidi putar di sebuah pasar malam keliling. Di tempat tersebut, ia juga sempat bekerja sebagai penjual tiket, sebelum akhirnya mentok sebagai pemain gitar dan penyanyi di band pasar malam yang berkeliling di seputar Jawa itu.

“Pekerjaan pertama jadi tukang dorong komidi putar. Trus pindah ke tukang jual tiket. Di pasar malam keliling itu kan ada panggung dangdut juga. Kalau pemain gitar atau drumnya nggak ada, saya diminta buat gantiin. Akhirnya sampai jadi penyanyi tetap di group dangdut di pasar malam itu,” kenang nya saat bercerita kepada NAGASWARA News.

Sebagai penyanyi di band dangdut pasar malam, ia dan rekan-rekannya terbiasa keliling di seputar Jawa sampai ke Jawa Barat. Daerah-daerah yang disinggahi antara lain, Blitar, Madiun, Semarang sampai ke Banten. Selama 2 tahun bekerja di pasar keliling itu, Yogi mengaku belajar banyak soal musik.

“Ya, belajarnya di situ, di band pasar malam itu. Dulu padahal tidak terlalu suka dangdut,” katanya. (fif)

Mau tau berita lainnya seputar RPH, baca disini

Share Yah

Comments

comments

diberitain.com