Eny Sagita Siap Jadi Duta Sosialisasi Hargai Karya Cipta di Pantura

Jakarta, Belakangan ini, marak pemberitaan, termasuk postingan di medsos terkait kepedulian terhadap Hak Cipta para musisi yang karya-karyanya di-cover di YouTube. Hal tersebut, tak kurang menjadi perhatian penyanyi tradisionil dangdut koplo, Eny Sagita.

Eny Sagita yang baru merilis single “Sederhana Caraku Mencintaimu” itu mengaku mendukung upaya pemerintah menertibkan YouTuber yang mengcover lagu orang tanpa ijin atau dikenal dengan istilah “Black YouTubers” itu. Apalagi, aturan hukum terkait hal ini sudah jelas.

“Dulunya saya sering bikin video cover lagu tanpa izin You Tube. Namun sejak Januari 2020 lalu, semua video cover lagu yang tanpa izin di You Tube, sudah saya delete semuanya. Hal ini saya lalukan sejak saya dapat informasi kalau bikin video cover lagu tanpa izin adalah sebuah pelanggaran hukum,” terang Eny Sagita kepada NAGASWARA News, Senin (29/6/2020).

Hingga kini video cover lagu tanpa izin yang di-upload di YouTube masih terus terjadi. Kebiasaan tersebut bahkan dilakukan secara masif oleh para Youtubers. Oleh karena itu, Eny berharap agar pemerintah dan lembaga-lembaga terkait dapat berperan aktif membangun kesadaran masyarakat atau pengguna media sosial terkait cover-mengcover lagu, terutama di platform YouTube.

“Menurut saya, negara wajib perperan aktif dalam mensosialisasi hal positif ini untuk menyadarkan masyarakat pengguna medsos yang merugikan para pencipta lagu. Mungkin, saya pun terpanggil untuk mensosialisasinya, terutama di wilayah pantura pulau Jawa. Misal saya dijadikan sebagai duta sosialiasasi menghargai karya cipta lagu,” papar wanita kelahiran Nganjuk, Jawa Timur itu. NSM/(BBM)

Mau tau berita lainnya, baca disini

Share Yah

Comments

comments

diberitain.com