Eny Sagita Lestarikan dan Populerkan Budaya Jandhut

Jakarta, Artis penyanyi Eny Sagita yang eksis lewat musik tradisional dangdut, punya banyak cerita mengenai upaya dirinya memperkenalkan budaya Jawa ke dalam industri musik. Dari tahun 2009, Eny Sagita dan tim orkesnya di kota Nganjuk, Jawa Timur mempopulerkan Jandhut yang artinya Jaranan Dangdut.

“Jandhut itu yang pasti pakai alat kendang jaranan (jaranan itu seperti kuda lumping) yang dibubuhi suara gong, kenong, sama angklung dan diracik sedemikian rupa sehingga menjadi musik yang beda. Para pengamen orkes sekarang menyederhanakan dengan kendang, terus ada bambu yang dijadikan suara gong dan kenong,” ujar Eny Sagita yang mengidolakan Sujiwo Tedjo dan Cak Nun ini kepada NAGASWARA News, Senin (8/6/2020).

Saat ini, bersama NAGASWARA, Eny Sagita baru merilis single “Sederhana Caraku Mencintaimu“. Lewat lagu yang juga kental dengan warna musik reggae itu, Eny berharap dapat mempopulerkan Jandhut kepada masyarakat dunia internasional.

“InsyaAllah, budaya Jawa Timuran seperti Jandhut yang saya populer dari tahun 2009 juga bisa populer di dunia tentunya salah satunya lewat NAGASWARA,” harap Eny Sagita. NSM/(BBM).

Mau tau berita lainnya, baca disini

Share Yah

Comments

comments

diberitain.com