diberitain.com

Zul Zivilia Bikin Lagu Dangdut Dibalik Penjara

Zul Zivilia Bikin Lagu Dangdut Dibalik Penjara

Banyak lagu yang sudah dihasilkan musisi Zulkifli atau Zul bersama Zivilia. Saat berada dibalik terali besi pun, Zul Zivilia tetap berkarya dan membuat lagu. Di dalam Lapas Khusus Klas II A Gunung Sindur, Jawa Barat, Zul menciptakan satu lagu dangdut.

Zul sempat tidak mau main musik lagi setelah dipindahkan dari Lapas Selemba, Jakarta Pusat ke Gunung Sindur. Namun, petugas merayunya, hingga lelaki berusia 42 tahun itu kembali semangat bermusik dan bergabung dengan Sindur Rock Band.

“Kebetulan saya yang bentuk Sindur Rock Band, terinspirasi dari Salemba Band (band Lapas Salemba) yang pernah ada dulu. Kebetulan teman saya pendirinya Salemba Band,” ungkap Prastyo, petugas Lapas Khusus Kelas II A Gunung Sindur, Selasa (25/6/2024).

Prasetyo menjelaskan, sebelum Zul bergabung, Lapas Gunung Sindur tidak punya ikon yang dapat dibanggakan di band mereka. Semua berubah ketika Zul masuk memperkuat Sindur Rock Band.

Zul Zivilia Bikin Lagu Dangdut Dibalik Penjara
Zul Zivilia Bikin Lagu Dangdut Dibalik Penjara
“Gunung Sindur Jangan Goyang”

Setelah bermusik lagi, Zul akhirnya berkeinginan menciptakan lagu kembali. Salah satu karya musik yang diciptakan Zul di Lapas Gunung Sindur adalah lagu bergenre dangdut berjudul “Gunung Sindur Jangan Goyang”.

“Lagu ini bercerita tentang kehidupan kita sehari-hari di dalam Lapas Khusus Kelas II A Gunung Sindur. Musiknya memang sedikit ke dangdut,” buka Zul saat ditemui di kantor Kemenkumham di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Tak tanggung-tanggung, lagu itu juga dilengkapi dengan video klip yang dibuat oleh salah satu petugas Lapas Khusus Kelas II A Gunung Sindur. Pengambilan gambar dilakukan saat Zul tampil menghibur warga binaan dalam acara “Sabtu Ceria”.

Zul Zivilia Bikin Lagu Dangdut Dibalik Penjara

“Video klip dibuat saat acara ‘Sabtu Ceria’. Sengaja pas kumpulkan warga binaan di kafe bilamana ada acara sabtu ceria,” lanjut Prasetyo.

Warga binaan Lapas Khusus Kelas II A Gunung Sindur sepertinya sangat akrab dengan Lagu “Gunung Sindur Jangan Goyang”. Pasalnya, lirik lagu yang dibawakan Zul Zivilia adalah hal yang mereka alami sehari-hari di balik jeruji besi.

“Lagu ‘Gunung Sindur Jangan Goyang’ saya dibawakan saat acara Ikrar Setia Kepada NKRI warga binaan dari lapas seluruh Indonesia pada bulan April 2024 lalu. Setiap acara Lapas lagu ini biasa kami bawakan karena sudah akrab dengan para warga binaan di sini,” tutup Zul. Tim NMC

 

Exit mobile version