Site icon diberitain.com

Velline Ayu Salut Sama Gadis Viral Berbaju Nyi Roro Kidul

Velline Ayu Salut Sama Gadis Viral Berbaju Nyi Roro Kidul

Velline Ayu Salut Sama Gadis Viral Berbaju Nyi Roro Kidul

Belum lama ini viral video seorang gadis bernama Dara Sarasvati yang mengenakan pakaian tokoh Nyi Roro Kidul di jalan Malioboro, Yogyakarta. Velline Ayu mengaku sangat bangga akan apa yang dilakukan Dara Sarasvati.

Selama ini Velline diketahui sangat dekat dengan tokoh Nyi Roro Kidul. Velline menyebut Dara Sarasvati masih mau melestarikan pakaian kebaya adat Jawa ala tokoh yang dikenal sebagai penguasa Pantai Selatan Jawa tersebut.

Video Dara Sarasvati mengenakan pakaian Nyi Roro Kidul sudah mengumpulkan hampir enam juta penayangan di akun TikTok.

“Kalau menurut aku itu pertunjukan kebudayaan. Tujuannya adalah mempertontonkan dan juga mengenalkan pakaian adat Jawa kuno kepada masyarakat. Jarang saat ini anak milenial yang mau mengenakan pakaian seperti itu,” ungkap Velline Ayu, Rabu (24/1/2024).

Dalam video viral tersebut, Dara Sarasvati terlihat memakai rok batik bernuansa cokelat berpadu corset top hijau, warna yang diidentikkan dengan si Ratu Pantai Selatan. Kian mirip dengan penggambaran Nyi Roro Kidul, ia juga memakai selendang kuning.

Mengira Bidadari Turun dari Khayangan

Di klip berdurasi 1 menit dan 41 detik tersebut, kebanyakan pengunjung Malioboro terlihat melongo melihat Dara berjalan di dekat mereka. Tidak sedikit juga yang memuji betapa cantik paras kreator konten itu.

Di salah satu komentar berbeda, seorang ibu terekam berkata pada anaknya yang merajuk, “Eh ada bidadari noh,” seraya menunjuk ke arah Dara.

“Dengan adanya konsep mengenakan pakaian Nyi Roro Kidul sangat bagus untuk kaum milenial. Tentunya mereka akan bertanya siapa sih ibu Nyi Roro Kidul itu? Itu artinya berkaitan dengan pelajaran sejarah,” tambah pelantun single “Cintamu Palsu” itu.

Velline Ayu berharap di setiap daerah dilakukan seperti Dara Sarasvati . Karena hal ini bagus sekali untuk melestarikan budaya di masing-masing daerah lainnya di seluruh tanah air. Kegiatan ini juga bisa mendatangkan wisata lokal maupun internasional.

“Lewat kegiatan seperti yang dilakukan Dara Sarasvati membuat masyarakat mengenal sejarah dan budaya. Apalagi sejarah dan budaya di tanah air sangat beragam. Begitu juga dengan hal mistisnya. Semoga ini bisa menjadi pencerahan buat kita untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia,” tutup penyanyi kelahiran Losari, Cirebon, Jawa Barat. Tim NMC

Mau tau berita lainnya, klik di dini

Exit mobile version