diberitain.com

Apoy Bongkar Sejarah Nama Wali Band

Apoy Bongkar Nama Wali Band

Tak dapat dipungkiri, Wali Band saat ini menjadi salah satu band sukses di Indonesia. Tahun 2024 ini, band dengan personil jebolan anak-anak pesantren itu akan berusia 25 tahun.

Wali yang lahir pada tanggal 31 Oktober 1999, semula bernama Fiera. Ketika itu Fiera berpersonil Farhan Zainal Muttaqin atau Faank (vokal), Aan Kurnia atau Apoy (lead gitar), Ihsan Bustomi atau Tomi (drum), Endang (bas) dan Raden (gitar rhythm)

Bersama manajemen Positif Art yang dipimpin mantan wartawan Rakyat Merdeka Sujana, di gedung Graha Pena kemudian nama Fiera diganti menjadi Wali. Awal diberi nama Wali, Apoy mengungkapkan sempat kaget dan tidak menyangka band mereka bisa memilih nama tersebut.

“Nama Fiera sendiri kami ambil dari inisial masing-masing personilnya. Ketika kita bertemu dengan Bapak Sujana yang sekarang bagian dari manajemen Wali. Beliau mensugest untuk merubah nama Fiera. Ketika itu beliau masuk ke kamar mandi dan setelah keluar mendapatkan nama Wali. Kami sempat shock mendengar nama itu,” ungkap Apoy di base camp Wali di kawasan Serpong, Tangerang, Banten, belum lama ini.

Apoy Bongkar Sejarah Nama Wali Band
Apoy Bongkar Sejarah Nama Wali Band

Menurut Apoy, nama Wali terlalu tinggi bagi ia dan teman-temannya. Apalagi, Wali identik dengan 9 Wali atau Waliullah (Wali Allah) disamakan orang yang mendekat dan menolong agama Allah SWT, atau orang yang didekati atau orang yang ditolong oleh Allah SWT.

“Wali itu nama atau diksi yang sangat sakral. Nama Wali kami konotasikan sama dengan Sunan Bonang, Sunan Giri dan Sunan Gunung Jati yang kira-kira tingkat akidah dan tauhidnya itu, imannya luar biasa di atas kami,” tambah gitaris yang pernah menjadi audisional gitar grup musik Netral itu.

Namun pada akhirnya, Apoy dan kawan-kawan menerima dan memaknai kata Wali sebagai wakil. Dimana filosofi mereka adalah sebagai band yang mewakili perasaan isi hati masyarakat.

Apoy Bongkar Sejarah Nama Wali Band
Awal Karir Wali Band

Pada tahun 2006 mereka sempat memiliki single yang bertajuk “Maafkan Aku Tak Setia”, namun di awal tahun 2007 Endang dan Raden tidak dapat lagi bergabung dengan mereka, karena ada kesibukan masing masing.

Hengkangnya Endang dan Raden meninggalkan masalah bagi Fiera band, pasalnya mereka kehilangan personel yang mengisi gitar 2. Namun permasalahan itu dapat terselesaikan dengan langkah efisiensi yakni menggantikan gitar 2 dengan keyboard synthesizer untuk mempertebal harmonisasi lagu, dengan bergabungnya Ovie pemain keyboard dan Nunu sebagai pembetot bas. Nama Fiera pun resmi berganti menjadi Wali. Dengan formasi itu Wali berhasil menembus dunia rekaman dengan album perdana yang dirilis pada tahun 2008.

Album pertama mereka bertajuk “Orang Bilang”, dirilis pada tanggal 26 Maret 2008. Dalam album tersebut, Wali mengandalkan lagu ” Dik” sebagai hits single, dimana bintang sinetron Shireen Sungkar juga didaulat menjadi model video klip lagu tersebut.

“Semoga Wali tetap menjadi band yang selalu menyuarakan isi hati masyarakat dengan segala tema kehidupan. Aamiin,” tutup pria kelahiran, Jakarta 8 Maret 1979 itu. Tim NMC

 

Mau tau berita lainnya, klik di sini 

Exit mobile version