Site icon diberitain.com

Dian Sastro Ketemu Patung Dewi yang Jadi Inspirasi Namanya

Dian Sastro Ketemu Patung Dewi yang Jadi Inspirasi Namanya

Dian Sastro Ketemu Patung Dewi yang Jadi Inspirasi Namanya

Nama tengah Dian Paramita Sastrowardoyo ternyata terinspirasi dari nama dewi Budha bernama Prajna Paramita. Menurut Dian Sastro, sang ayah, Ariawan Rusdianto Sastrowardoyo memberikan tambahan nama tersebut yang berarti “kebijaksanaan yang tertinggi”.

Informasi tersebut dibagi bintang “Ada Apa Dengan Cinta” itu lewat postingan di akun Instagramnya, Selasa (4/6/2024). Lewat foto-foto yang ia bagi, Dian juga memperlihatkan arca sang dewi yang diletakkan dalam sebuah kotak kayu terbuka.

“Memandangi sang dewi Prajna Paramita. Bapakku yang Bhuddist, ngasih nama tengahku dari dewi ini. Artinya Kebijaksanaan Tertinggi. (No pressure at all btw lho, Pak),” tulis Dian sebagai caption dimana ia tengah berjongkok memandang arca dewi Prajna Paramita.

Soal sang dewi yang menjadi inspirasi namanya, Dian Sastro menyebut bahwa Prajna Paramita adalah salah satu arca tercantik dari jaman Singasari di abad 13. Saking kuatnya aura arca yang ia pandangi itu, Dian mengaku sempat menangis.

“Pagi ini aku dpt kesempatan untuk melihat langsung arca tercantik dari jaman Singasari ini (abad 13) jamannya Ken Dedes btw, dan aku mewek dong.. entah kenapa. Auranya gila sih. Gossipnya, arca ini cantiknya kayak cantiknya Ken Dedes- yang konon merupakan ibu dari hampir semua raja2 besar di Nusantara ini,” tuturnya.

Tidak hanya sampai di situ, cucu Pahlawan Pejuang Kemerdekaan Sunario Sastrowardoyo itu juga menulis bahwa ia pernah membaca karya komikus RA Kosasih terkait hubungan antara Prajna Paramita dan Ken Dedes.

“Aku jadi inget komik yang pernah aku baca karya R.A. Kosasih waktu kecil. Disitu diceritain bahwa Ken Dedes itu perwujudan Prajna Paramita – kebijaksanaan tertinggi, dan siapa pun yang jadi suaminya akan menjadi raja. Wow, sakti juga ya beliau,” urai artis cantik berusia 42 tahun itu.

Beragam postingan Dian Sastro di akun Instagramnya, selalu menarik minat para followers-nya yang sudah lebih dari 9 juta. Beberapa waktu lalu, ia juga sempat membagikan foto masa kecil bersama mendiang ayah dan ibunya. (A3)

Exit mobile version