diberitain.com

Andi Merpati dan Momen Pelebon di Bali

Andi Merpati dan Momen Palebon di Bali

Meski sudah berkali-kali ke Bali, baru kali ini vokalis Merpati band, Andi Derisman (Andi Merpati)  berkesempatan melihat prosesi pembakaran jenazah keluarga raja atau puri di Pulau Dewata itu yang akrab dengan sebutan Pelebon.

Tentu saja itu pengalaman tak biasa bagi pencipta lagu-lagu Merpati Band yang suka travelling itu. Hanya saja, Andi memahami bahwa setiap daerah atau agama memiliki budaya berbeda. Andi mengaku beruntung dapat menyaksikan momen tersebut.

“Mendapat kesempatan melihat prosesi acara Pelebon di Bali. Meski sedikit ngeri melihatnya, namun kita menghormati budaya di sini,” ungkap Andi Merpati, Selasa (11/6/2024).

Andi Merpati dan Momen Palebon di Bali
Andi Merpati dan Momen Pelebon di Bali

Kebetulan kehadiran Andi di Bali dalam rangka ada kerjaan dan sekaligus berwisata di sana. Beberapa tempat wisata andalan di Bali pun ia sambangi, salah satunya yang lagi hype adalah Atlas Beach Club Badung Bali.

“Dari tempat wisata yang ada. Aku sangat tertarik dengan prosesi pembakaran jenazah Pelebon di Ubud Bali. Jadi salah satu keluarga raja di sini sudah meninggal dua bulan lalu. Baru dikremasi sekarang ini dengan prosesi upacara Pelebon,” tambah pria asal Banjarsari, Ciamis Jawa Barat itu.

Palebon sendiri merupakan ritual atau prosesi upacara pemakaman untuk bangsawan atau raja-raja di Bali. Pelebon ini, pelaksanaannya bisa berbulan-bulan dan biaya yang dikeluarkan tidak sedikit.

“Jalannya prosesi upacara Pelebon sangat menarik. Saya termasuk orang beruntung yang bisa menyaksikan uparaca tersebut. Karena jarang terjadi kalau tidak ada keluarga kerjaan yang meninggal. Ini menjadi kekayaan budaya Indonesia yang bisa mendatangkan devisa negara,” tutup Andi Merpati. Tim NMC

Exit mobile version