Yogi RPH, Cipta Lagu Dangdut Tapi Idolakan Ebiet G. Ade

Jakarta, Nama Yogi RPH tak dapat dilepaskan dari perkembangan musik dangdut menuju dancedhut. Yogi adalah pencipta salah satu hits dancedhut, Lagi Syantik, yang populer lewat penyanyi Siti Badriah (Sibad). Namun, siapa mengira, pencipta lagu yang juga vokalis Republik Penguasa Hati (RPH) itu, sangat mengidolakan sosok dan lagu-lagu Ebiet G. Ade sejak kecil.

“Saya suka semuanya. Waktu masih SD kelas 4, tiap sore saya bawa gitar pakai sepeda ke rumah oom saya. Saya belajar gitar di rumah oom saya. Dia punya banyak kaset, semua Ebiet G. Ade. Karena nggak mampu beli kaset, hanya lagu Ebiet yang saya dengar dan belajar. Lama-lama suka,” terang Yogi RPH kepada NAGASWARA News belum lama ini.

Menurut Yogi RPH, semua sisi dari karya-karya Ebiet sangat ia sukai, baik musik, lirik atau pun suara sang musisi. Ebiet adalah salah satu musisi yang dilihat Yogi mampu membuat lirik sangat puitis, namun mudah diterima banyak orang.

“Kalau dengar lagu Ebiet, saya bayangkan ini dulu rekamnya gimana ya. Musisi ini kan rekamnya pakai pita saat itu. Gimana caranya nggak diulang. Saya bayangkan proses produksinya. Liriknya puitis tapi kita bisa ngerti,” lanjut Yogi.

Ia menyebut lagu Titip Rindu Buat Ayah sebagai salah satu lagu yang sangat ia sukai. Lagu itu punya makna mendalam bagi Yogi. Ia pernah menyanyikan lagu tersebut saat manggung, tak lama setelah ayahnya meninggal dunia.

“Lagu itu pertama kali saya nyanyikan di panggung setelah ayah saya meninggal, waktu SMP kelas 1. Ayah saya sakit, tapi saya sudah didaftarkan buat pentas 17-an. Ayah saya meninggal, dan saya harus tetap manggung. Saya nyanyiin lagu itu,” kenang Yogi RPH yang sempat meraih predikat Pencipta Lagu Dangdut/Dangdut Kontemporer Terbaik versi AMI Awards 2018. NSM/(aa)

Mau tau berita lainnya, baca disini

Share Yah

Comments

comments

diberitain.com