Vivi Artika Angkat Idiom Umum Jawa Timur-an ke Tingkat Internasional

Jakarta, Saat ditawari untuk hijrah ke Jakarta oleh Yogi RPH, Vivi Artika memang sempat tidak percaya diri. “Nggak papa Mbak, kenapa nggak dicoba? Toh, rejeki nggak ada yang tahu!” tegas Yogi, berusaha meyakinkan Vivi Artika.

“Jadi memang begitu, setelah ketemu mas Yogie ya udah selesai, enggak ada rencana bahas lagu saat itu,” ujar Vivi, penyanyi dancedhut idaman ‘wong’ Jawa Timur ini.

Beberapa hari kemudian, Bayu Onyonk, teman Yogi sekaligus arranger musik asal kota Ngawi, Jawa Timur memberi kabar ke Vivi Artika.

“Mbak, ini loh ada lagu baru, bagus ndak? Kalau bagus coba aja,” ujar Vivi menirukan ucapan Bayu Onyonk.

“Aku bilang, lho kok bagus ya? Coba aja, dia bilang, musiknya tuh kok sesuai, gitu. Apalagi dengan kata-kata Gusti Kulo Los, itu kata-kata gaul anak milenial jaman sekarang, yang sering diucapin, bahkan mewakili perasaan-perasaan mereka,” papar Vivi.

Dalam bahasa Indonesia, “Gusti Kulo Los” bermakna keikhlasan yang benar-benar lepas. “Ya Allah, saya benar-benar sudah ikhlas melepaskannya,” tegas Vivi.

Vivi menambahkan, idiom ini “Gusti Kulo Los” belum pernah digunakan penyanyi manapun untuk dijadikan ikon dalam lagu. Tapi memang, Vivi sering mendengar ungkapan ini di kalangan remaja gaul di penjuru kota di Jawa Timur-an.

“Jadi ini bahasa-bahasa kita, di keseharian aja, jadi los, brol, enggak ada batasan, bebas lepar!” tambah Vivi.

Bahkan sekarang yang lagi musim itu apa yang kita ucapkan, atau bahasa yang kita pakai buat lagu itu cepet ditangkep dan cepet diinget sama orang.

Dan anehnya, sebelum Vivi Artika me-release lagu ini, kan pernah aku posting bagian reff-nya aja. Pas syuting video klip “Gusti Kulo Los” itu aku juga post bagian reff-nya doank.

Sampai sekarang sudah banyak yang cover-cover, setiap hari ada ‘tag’ ke IG aku Vivi Artika, gini-gini. Mereka menyanyi dengan lirik itu.

“Mereka (netizen) kayak menunjukkan curhatku mbak ini, cocok banget lagunya, pas banget mbak!” ungkapnya.

Padahal, ketika itu, Vivi Artika cuma berusaha memulai bikin viral kata-kata ini, sebelum benar-benar direleased oleh NAGASWARA Publishing.

“Itu ngena banget lho lagune, jadi kita gencar aja, sapa tahu orang-orang semakin cepat nangkepnya, ternyata memang bener,” tambah Vivi.

Single “Gusti Kulo Los” awal take vokal pada Desember 2019 di Studio Onyonk, Ngawi – Jawa Timur. Lalu Vivi Artika mencoba take vocal kembali pada bulan Januari 2020 di Jakarta untuk perbandingan. NSM/[KimSadewa]

Mau tau berita lainnya, baca disini

Share Yah

Comments

comments

diberitain.com