diberitain.com

Velline Ayu Jalani Nikah Adat di Makam Leluhur

Velline Ayu Lakukan Nikah Adat di Makam Leluhur ok

Penyanyi asal kota Losari, Cirebon, Jawa Barat, Velline Ayu menikah pada Jumat (29/12/2023) lalu. Uniknya, Velline dengan kekasihnya Putra Kelana menjalani ritual pernikahan adat di makam Pangeran Angka Wijaya di Losari.

Pangeran Angka Wijaya atau Pangeran Losari adalah leluhur Velline. Beliau adalah seorang tokoh bangsawan Keraton Kasepuhan Cirebon, cucu Sunan Gunung Jati. Dikenal sebagai ulama yang memiliki keahlian di bidang seni, beliau juga terkenal dengan ajaran tajug-nya.

Saat menjalani ritual pernikahan, Velline mengenakan pakaian pengantin adat Cirebon dengan mahkota khusus. Pelantun single “Cintamu Palsu” itu bersama keluarga besar melakukan iring-iringan menuju ke makam Pangeran Angka Wijaya yang berada di Losari. Kedua mempelai diiringi tarian khas Losari menuju pemakaman.

Velline Ayu Lakukan Nikah Adat di Makam Leluhur 1
Velline Ayu Lakukan Nikah Adat di Makam Leluhur 1

Di area pemakaman, Velline dan Putra kembali melakukan akad nikah dengan disaksikan sesepuh dan kuncen makam Pangeran Angka Wijaya. Selanjutnya ke dua mempelai berdoa dan tabur bunga di makam Pangeran Angka Wijaya.

“Awalnya saya kaget, karena biasanya pernikahan itu hanya sekali. Jadi ini nikah adat dan menurut sesepuh di sini, ini memang disunahkan memperbarui nikah dengan tujuan memperbarui niat. Karena nikah itu tujuannya ibadah,” ujar Putra Kelana, suami Velline Ayu selepas menjalani akad nikah di makam Pangeran Angka Wijaya, Jumat (29/12/2023).

Ritual Nikah Adat di Makam Angka Wijaya

Usai melaksanakan akad nikah, kedua mempelai sungkem kepada orang tua. Velline dan Putra memohon doa restu. Kemudian keduanya melakukan pemotongan tumpeng, tradisi suap-suapan dan tarik-tarikan ayam bakar.

“Aku punya harapan setelah menikah ini kita berdua semakin samawa, dilancarkan semua urusan dan berkah selalu. Selain itu aku berharap makam leluhur Pangeran Angka Wijaya ini menjadi cagar budaya dan mendapat perhatian dari masyarakat juga pemerintah,” ucap Velline Ayu.

Velline Ayu Lakukan Nikah Adat di Makam Leluhur 1

Velline mengungkapkan, sebelumnya ia dan Putra sudah menikah tiga tahun yang lalu. Namun saat berziarah ke makam Pangeran Angka Wijaya, ia tiba-tiba mendapat wangsit untuk kembali melakukan ritual pernikahan di makam leluhurnya itu.

“Sebenarnya ini bukan nikah tapi tasyakuran pernikahan. Jadi acaranya seperti nikah, hanya disaksikan leluhur kita, agar ke depannya kita semakin lancar dan berkah dalam berusaha,” tutup penyanyi yang juga pandai membaca Kartu Tarot itu. Tim NMC

Mau tau berita lainnya, klik di sini 

Exit mobile version