Site icon diberitain.com

Tujuh Tahun Ocha Gitaris Dadido Monitoring ATM

Tujuh Tahun Ocha Gitaris Dadido Monitoring ATM

Tujuh Tahun Ocha Gitaris Dadido Monitoring ATM

Selain piawai bermain gitar, Ocha gitaris Dadido, juga ahli IT. Untuk itu selain bermusik, ternyata sudah 7 tahun Ocha bekerja di sebuah perusahaan perbankan di bagian Monitoring Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Menurutnya, sistem monitoring alarm mesin ATM berfungsi untuk memantau kondisi mesin ATM secara real-time dan memberikan notifikasi atau alarm jika terjadi masalah atau kerusakan pada mesin ATM tersebut.

“Nah, tugas saya memantau dari kantor kondisi mesin ATM yang berjumlah banyak di lapangan,” ungkap Ocha di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (29/2/2024).

Ocha menambahkan, sistem yang dijalankan tersebut biasanya terdiri dari beberapa komponen. Seperti sensor-sensor untuk mendeteksi kondisi mesin ATM, gateway untuk mengumpulkan data dari sensor dan mengirimkannya ke server.

Serta aplikasi atau platform untuk memantau kondisi mesin ATM dan menerima notifikasi atau alarm jika terjadi masalah.

Dalam hal ini. Ocha selalu ‘stanby’ untuk memberikan info atau notifikasi kepada para petugas keamanan atau teknisi di semua area tersebut.

Bahkan, mereka dapat menerima notifikasi secara real-time jika terjadi masalah pada mesin ATM. Seperti pintu mesin ATM dibuka secara paksa, atau terdeteksi adanya percobaan pembobolan.

“Jadi kecepatan info yang diberikan kepada petugas di lapangan, bisa meminimalisasi pencurian atau percobaan pembobolan,” paparnya.

Ocha sendiri melihat, sebagai musisi, pekerjaan ini di luar bidang kesenian musik. Namun ia tetap menjalaninya dengan sisi profesionalitas yang tinggi.

“Iya, skedulnya harus aku jalani secara terpisah,” ujarnya.

Melalui sebuah input digital, Ocha melakukan monitoring kondisi lingkungan di sekitar mesin ATM, seperti suhu dan kelembapan, untuk memastikan kondisi mesin tetap stabil dan tidak terjadi kerusakan akibat kondisi lingkungan yang tidak sesuai. [KimSadewa]

 

Mau tau berita lainnya, klik di sini 

Exit mobile version