Tujuh Manager Artis NAGASWARA Turut Uji Kompetensi

Jakarta, Sebanyak 20 manager artis nasional mengikuti uji kompetensi manager artis yang diselenggarakan oleh Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI). Tujuh di antaranya adalah manager artis NAGASWARA.

Jika dalam uji komptensi tersebut, para manager artis itu dinyatakan lulus, mereka akan memperoleh sertifikasi kompetensi. Sertifikasi itu akan memberikan kemudahan dan pengakuan dari seluruh dunia atas profesi yang mereka emban.

NAGASWARA sendiri mengirim 7 manager artisnya untuk mengikuti uji kompetensi tersebut. Mereka adalah Irma (manager Fitri Carlina), Sujana (manager Wali band), Nedi (manager The Dance Company), Ithink (manager Siti Badriah), Cici Hendrix (manager Zaskia Gotik), Julius (manager Delon), dan Mugiarto (manager Duo Anggrek).

“Kita dites dengan mengisi semacam angket. Di antaranya pertanyaan soal cara-cara negosisasi dengan calon klien, kesepakatan, kontrak, pengecekan terhadap perijinin event, dan standarisasi event. Ada juga soal pemahaman terhadap hak cipta,” ungkap Mugiarto, manager Duo Anggrek kepada NAGASWARA News di Farabi Music School, di Jalan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu (18/10/2020).

Menurut Mugiarto, pertanyaan-pertanyaan secara tertulis dan wawancara dari tim PAPPRI itu akan dinilai selama sebulan. Jika nantinya dinyatakan lulus uji kompetensi itu, mereka berhak mendapatkan sertifikasi kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi Indonesia sebagai manager artis.

“Masih nunggu sebulan lagi informasinya. Mudah-mudahan lulus supaya profesi yang kita jalani ini juga mendapat pengakuan secara profesional,” tambah Mugiarto yang juga kepala NAGASWARA Artis Management (NAM) itu.

Agenda ini merupakan kelanjutan dari kerjasama antara PAPPRI dengan Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemenaker RI) pada bulan Agustus 2020 lalu lewat peluncuran Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Musik.

“Harapannya tentu saja agar ada peningkatan kapasitas SDM dan perlindungan di dalam pekerjaan mereka,” terang Sekjen PAPPRI, Johnny Maukar dalam kesempatan yang sama. NSM/[KimSadewa/A3]

Mau tau berita lainnya, baca disini

Share Yah

Comments

comments

diberitain.com