Toe Jaluz Sebarkan Kebudayaan Sunda ke Sekolah

diberitain.com – Jakarta, Ternyata, personel Jaluz mempunyai kesibukan tersendiri. Salah satunya adalah Toe. Gitaris Jaluz ini mengenalkan kebudayaan Sunda berupa tari dan karawitan ke beberapa sekolah di Bogor.  “Mereka belajar dan mendalami sekaligus praktek, diantaranya belajar suling sunda, gamelan, kawih, pupuh dan bahkan tari klasik hingga tari jaipongan yang diadakan pada hari Jumat di setiap Minggunya,” terang Toe.

Dengan adanya pelatihan kesenian Sunda ini Toe menjadi duta budaya kesenian Sunda di kota Bogor.

“Pelatihan kebudayaan Sunda ini menjadi salah satu cara melestarikan seni budaya bangsa Indonesia. Dengan harapan ilmu yang diterima oleh guru-guru yang dilatih di pentarkara dapat diterapkan kembali kepada siswa-siswinya nanti di sekolah,” paparnya.

Toe, bassis Jaluz bersama tim yang berada di bawah naungan SANGGAR SENI TARI dan Karawitan Komara Sunda adalah salah satu yang turut membantu pelatihan tersebut.

“AkuH (aku pake “H”) turut andil di dalamnya ini karena sangat peduli dengan seni budaya, Insya Allah apa yang saya tahu bisa diterapkan kepada mereka, karena saya merasa miris saat ini seni tradisional sudah kurang diminati, selain kita, siapa lagi yang akan melestarikan seni budaya bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Toe juga didukung oleh rekan-rekannya seperti M. Ivan Nugraha, Wida retno, Devi Purnamawati hingga E. Sukarna, (ayah kandungnya) dan Henny Hendrawatty ibu kandung Toe yang sekaligus pimpinan Sanggar Komara Sunda. Mereka sangat antusias dengan adanya Pentarkara karena kebetulan Sanggar Komara Sunda juga ditunjuk sebagai Diklat Tari dan Karawitan sunda dengan SK Bupati. NSM/KimSadewa

Share Yah

Comments

comments

diberitain.com