Toe Jaluz Ajak RoelSwara Lestarikan Seni Jawa Barat

diberitain.com – Jakarta, Selain aktif bermusik Toe personil Jaluz Band sangat peduli dan terjun dalam kesenian tanah kelahirannya Sunda. Pada beberapa waktu lalu, Toe mengikuti festival budaya (Helaran) kabupaten Bogor, yang diikuti oleh 43 kecamatan di kabupaten Bogor.

“Demi mengemban tugas yg diberikan akhirnya Toe dan tim berfikir untuk menampilkan beberapa seni sekaligus yang di-mix menjadi 1. Nah Toe pilih kenapa gak bawain lagu kawih sunda tentang kabupaten Bogor, kebetulan papah Toe punya satu lagu yang judulnya “motto juang kabupaten Bogor”, isi liriknya adalah tentang kabupaten Bogor.

“Akhirnya singkat 1 hari 1 malam Toe bikin arrangsemen itu lagu untuk dijadikan backsound penampilan pas helaran,” jelas Toe menceritakan persiapannya untuk ikut festival budaya.

Toe juga mengajak musisi yang karyanya banyak dibawakan artis-artis NAGASWARA yaitu RoelSwara dalam festival tersebut. Helaran sendiri pawai dengan properti mobil hias, di situ para seniman tampil membawakan tarian dan banyak kesenian Sunda lainnya. Dalam kesempatan tersebut Toe dan tim menggunakan 2 mobil pick up dan satu mobil dijadikan panggung. Ke 43 peserta kira-kita jalan sepanjang 1 km kemudian perform di depan pendopo bupati kurang lebih 3 menit.

“Ini adalah event paling ditunggu-tunggu di kalangan seniman Jawa Barat. Karena selain menjadi tontonan menarik event ini juga seru banget karena ribuan orang bakal datang.
Oyah kali ini malah ada RoelSwara composer yang ikut serta bareng Toe dan sanggar komara sunda. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan seni budaya Indonesia,” pungkas Toe. NSM/Rul

Share Yah

Comments

comments