Tika Kristianti Bicara Tentang Hari Pendidikan Nasional

Jakarta,Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) baru saja dirayakan pada Minggu (2/5/2021) kemarin. Penyanyi sekaligus pendidik yaitu dosen di Universitas Politeknik PGRI Banten, Tika Kristianti, bicara soal Hardiknas, dan dunia pendidikan di tanah air, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

“Sebenarnya, pandemi ini jadi peluang dan kesempatan yang besar untuk kita, baik sebagai dosen atau guru, peserta didik, masyarakat, juga pemerintah untuk mengembangkan kreatifitas terhadap pengembangan dan penggunaan teknologi sebagai sarana belajar dan memperoleh pengetahuan serta memberikan pembelajaran yang menarik dan efektif,” ungkap Tika Kristianti saat dihubungi NAGASWARA News, Senin (03/0/2021).




Tika menambhakna, idealnya pendidikan atau edukasi itu harus bisa mendorong munculnya pembelaran mandiri (self directed learning). Dengan kondisi seperti sekarang, orang-orang dituntut kreatif dan aktif mengikuti teknologi seperti halnya webinar, kursus online serta mengakses buku digital.

“Dunia pendidikan sekarang kita dituntut untuk belajar membuat video. Dan ini menjadi pembelajaran yang menarik. Jadi internet itu digunakan sebagai sarana informasi positif bukan cuma sarana hiburan untuk main medsos, shopping, atau nge-game,” lanjut pelantun single “Andai Aku Dapat Terbang” itu menilai dunia pendidikan sekarang.

Selanjutnya menurut Tika, kondisi dunia pendidikan seperti sekarang ini bisa mengembalikan peran dan tanggung jawab orang tua dalam perkembangan kehidupan anaknya. Karena orang tua bisa langsung memantau, mengawasi, bahkan turun langsung memberikan pembelajaran di rumah.

“Harapan Tika akan duni pendidikan tanah air adalah semua bisa menjalani pembelajaran tatap muka, bisa melihat wajah-wajah ceria dan tingkah laku anak-anak yang bikin kangen. Aku berharap semua peserta didik di seluruh Indonesia juga terus semangat dalam belajar dan mencapai cita-citanya,” tutup Tika. NSM/Tim NMC

Mau tau berita lainnya, baca disini




Share Yah

Comments

comments