Sumpah Pemuda bagi Aya Chan Tidak Hanya Diucapkan

Jakarta, Perkembangan teknologi informasi memudahkan hidup kaum remaja. Hari-hari ini mereka menikmati hidup yang lebih nyaman ketimbang generasi sebelumnya.

Tetapi hidup nyaman juga menjadi tantangan besar bagi anak muda dalam menjalankan perannya sebagai penjaga persatuan bangsa.

“Musuh kehidupan yang luar biasa adalah kehidupan yang baik,” kata Aya Chan saat dihubungi via WhatApps.

Pelantun single “Pacar Gak Tau Diri” ini lalu menjelaskan alasannya. “Kalau hidup kita nyaman, hidup kita enak, kita menikmati saja hidup itu sehingga tidak bisa mencapai hal-hal yang luar biasa,” lanjut mahasiswi di sebuah perguruan tinggi ini.

Aya Chan menambahkan perbedaan kehidupan pemuda zaman ini dengan pemuda di masa lampau. Menurut penyanyi yang bernaung di bawah ROKET’S LABEL ini, pemuda pada masa lampau memiliki kehidupan yang lebih sulit daripada pemuda sekarang.

Ia mencontohkan kehidupan pemuda pada zaman penjajahan.

Informasi dikuasai sekelompok orang, pendidikan masih terbatas, dan teknologi belum berkembang. Keadaan terjajah menambah beban hidup kaum muda. Pemuda dari satu suku dengan suku lainnya pun saling curiga.

“Keadaan yang tidak enak itu mendorong kaum muda untuk mengubahnya. Kaum muda punya cita – cita bersatu,” ungkapnya.

Persatuan modal penting untuk menuju cita-cita yang lebih besar, yaitu kemerdekaan. Wujud tekad bersatu tertuang dalam Sumpah Pemuda 1928. Hasilnya kelihatan pada 1945. Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Kaum muda kembali berperan dalam periode ini.

“Kita sekarang sudah bersatu. Tapi jangan dianggap bersatunya Indonesia itu dengan sendirinya akan selamanya seperti itu,” tambahnya.

Ia menegaskan, bahwa apa yang disumpahkan itu, dari waktu ke waktu, mesti terus diperkuat. Jadi jangan dikira kalau Sumpah Pemuda dibaca, urusannya sudah selesai.

“Dibilang di situ, bahwa apa yang disumpahkan itu harus diperkuat, seperti sumpah pemuda hari ini, apa yang sudah kita lakukan untuk memperkuat sumpah itu sendiri?”, tegasnya. RLM/[KimSadewa]

Mau tau berita lainnya seputar Aya Chan, baca disini

Share Yah

Comments

comments

diberitain.com