Suka Duka Neng Oshin Usaha Fashion Suplier

Jakarta, Untuk mendirikan sebuah bisnis Fashion itu memerlukan modal sangat besar. Menurut penyanyi Neng Oshin, minimal butuh antara 20 – 50 juta, untuk biaya sewa kios untuk ruko, beli bahan baku, dan lain sebagainya.

“Tapi saat ini, bisa hanya bermodalkan komputer, hp dan akses internet. Beda dengan zaman dahulu, minimal modal awal 50 juta,” terang Neng Oshin, setelah baru saja selesai take vocal single “Viral” ciptaan RoelSwara, di Studio NAGASWARA, daerah Menteng, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).




Dan yang membuat tercengang adalah, walaupun modalnya kecil tetapi penghasilan dari bisnis online ini bisa mengalahkan bisnis tradisional / offline.

Banyak orang sudah membuktikan dapat memperoleh penghasilan ratusan juta bahkan milyaran per bulan dari bisnis online yang digeluti.

“Tapi aku baru hampir setahun, mulai usaha fashion suplier, yang kita butuhkan pertama adalah menguasai pasar, atau reteller, UKM, pengusaha kecil,” ujarnya.

Untuk bisa menguasai teknik jualan online, sebagai suplier, memerlukan strategi khusus. Dulu, pelantun single “Kangen Aku Ya” ini sempat bolak-balik ikut seminar, kursus, workshop, dan berbagai pelatihan di bidang internet marketing.

“Sering sekali aku hanya mendapatkan kulit luarnya saja, jadi masih sering bingung untuk menerapkannya ke bisnis aku sendiri. Kemudian berani belajar dan melakukan riset sendiri berkali-kali sampai bisa menemukan strategi yang tepat,” ungkap penyanyi yang dikenal sebagai Barbie Jepangnya Indonesia ini.

Namun tetap aja, suatu kali pernah mengalami cobaan. Dimana waktu itu barang sudah dikirim ke retailler, tapi uang tak kunjung ditransfer. “Makanya sekarang harus transfer dulu baru barang dikirim,” tegas Neng Oshin. NSM/[KimSadewa]

Mau tau berita lainnya seputar Neng Oshin, baca disini




Share Yah

Comments

comments