Site icon diberitain.com

Siti Badriah Main Teater Jadi Penyanyi Orkes Gerobak Dorong

Siti Badriah Main Teater Jadi Penyanyi Orkes Gerobak Dorong

Siti Badriah Main Teater Jadi Penyanyi Orkes Gerobak Dorong

Penyanyi Siti Badriah tampaknya punya jiwa seni yang kuat. Selain menyanyi, pelantun “Lagi Syantik” itu juga telah menunjukkan kebisaannya bermain film dan sinetron. Kali ini, Siti Badriah tengah mempersiapkan diri untuk tampil dalam sebuah pementasan teater di Gedung Keseniaan Jakarta, pada Jumat (6/10/2023).

Main teater perdana, Siti Badriah diajak oleh Maudy Koesnaedi dalam lakon bertajuk “Janji Soekma: Langgam Gambang Kehidupan”. Pemeran tokoh Zaenab dalam sinetron “Si Doel Anak Sekolahan” itu adalah produser sekaligus konseptor pementasan yang juga melibatkan Teater Abang None Jakarta.

Uniknya, dalam lakon dengan latar belakang budaya Betawi gambang kromong itu, Siti Badriah akan memerankan sosok seorang gadis yang berjuang mempertahankan kelangsungan hidupnya sebagi penyanyi di sebuah orkes gerobak dorong.

“Semula kita nyari lagu yang cocok untuk sebuah adegan penyanyi dangdut keliling. Kan harus dengan lirik yang baik, sopan, dan dapatnya lagu ‘Aku Kudu Kuat’, yang nyanyi Neng Siti Badriah dan RPH. Kita mintanya ke Pak Rahayu, eh dikasih tahu kalau Siti Badriah yang nyanyi punya kisah hidup yang sama sebagai penyanyi orkes gerobak dorong,” beber Maudy Koesnaedi di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Peran tersebut kemudian ditawarkan kepada Siti Badriah. Tidak perlu menunggu lama, penyanyi yang akrab dengan panggilan Sibad itu langsung menyatakan kesiapannya. Menurut istri dari pesinetron Krisjiana Baharudin itu, ia sama sekali tidak punya alasan untuk menolak peran tersebut.

Pelantun Single Lagi Syantik Senang Main Teater

“Aku senang banget dikasih kepercayaan, diajakin buat ikutan teater ini. Senang apalagi Mpo (Maudy Koesnaedi) ini idola gue. Tim Zaenab say… Tim Zaenab say…,” kata Siti Badriah semangat sambil memeluk Maudy Koesnaedi yang duduk di sebelahnya.

Sibad sendiri merasa tidak salah menerima peran sebagai gadis penyanyi di sebuah orkes gerobak dorong dalam pementasan teater tersebut. Setelah membaca adegan yang harus ia mainkan, penyanyi berusia 31 tahun itu merasa seperti dejavu. Semua cerita tersebut diakui mirip dengan kisah hidupnya.

“Di kampung aku juga sebenarnya begitu, mulai dari topeng, trus pencak silat, jaipongan sekarang itu sudah hampir punah juga. Makanya tadi Mpo ngomong begitu kok sama ya. Dari Sunda juga ternyat hampir punah juga kaya Betawi. Dan aku merasain juga di kampung aku kan saudara-saudara aku masih ada yang kaya gitu, masih ada topeng dan jaipongan juga,” imbuh Sibad.

Pertunjukan “Janji Soekma: Langgam Gambang Kehidupan” yang bakal dimainkan Siti Badriah dan Teater Abang None Jakarta merupakan salah satu upaya perkumpulan Abang None Jakarta dalam melestarikan budaya Betawi. Maudy Koesnaedi sendiri adalah None Jakarta tahun 1993.

“Janji Soekma: Langgam Gambang Kehidupan” dipentaskan pada 6 sampai 8 Oktober 2023 pukul 19.00 Wib di Gedung Kesenian Jakarta. Tiket masuk terbagi atas tiga kelas, yakni VIP Rp 350 ribu, kelas I Rp 260 ribu, dan kelas II Rp 155 ribu. Tiket dapat dibeli melalui situs tiket.com! (A3)

Mau tau berita lainnya, klik di sini 

Exit mobile version