Site icon diberitain.com

Siti Badriah, Endang Raes dan “Brondong Tua”

Siti Badriah, Endang Raes dan Brondong Tua

Siti Badriah, Endang Raes dan Brondong Tua

Siti Badriah, Endang Raes dan single “Brondong Tua” tak ubahnya tiga serangkai. Sebelum “Lagi Syantik” meledak di tahun 2018. Nama Siti Badriah terangkat berkat lagu “Brondong Tua” ciptaan Endang Raes di tahun 2012.

Sejak awal, Endang Raes adalah mentor yang memperkenalkan Siti Badriah ke dunia rekaman, khususnya ke NAGASWARA. Pencipta lagu asal Sukabumi, Jawa Barat menciptakan banyak lagu untuk Siti Badriah. Ia sangat paham karakter Siti Badriah.

“Ya sudah paham dengan karakter si Neng. Dia lucu, imut-imut, centil dan ramah alias baik kepada siapa pun,” cerita Endang Raes kepada diberitain.com, beberapa waktu lalu.

Saat mengajak Siti Badriah yang kemudian lekat dengan panggilan Sibad ke NAGASWARA di tahun 2011, Endang Raes sudah menyiapkan single “Melanggar Hukum” untuk Sibad. Lagu itu menjadi single perdana Sibad di NAGASWARA.

Siti Badriah Berambut Panjang

Saat merilis lagu itu, Sibad masih berambut panjang sampai semata kaki yang menjadi imej sang artis di awal karir musik profesionalnya. Namun, nama Sibad baru benar-benar terangkat saat menyanyikan single “Brondong Tua”.

Saat itu, demam Korea atau K-Pop tengah mewabah. Banyak boyband dan girlband ikutan lahir di Indonesia. Endang Raes cukup cerdas membuat lagu dangdut dengan konsepo musik yang ngebeat sekaligus berasa K-Pop.

“’Brondong Tua’ memiliki warna baru yang berbeda dengan single pertamaku. Di sini musiknya lebih nge-beat dan berwarna K-Pop. Karena sekarang (saat itu) sedang demam lagu Korea, ketika aku ditawari single ini oleh Kang Endang Raes langsung aku suka dan terima,” ujar Sibad saat itu.

Lewat lagu itu, nama Sibad kemudian menyeruak di antara artis-artis dangdut tanah air. NAGASWARA sebagai label musik juga mulai fokus kepada musik dangdut yang berkonsep upbeat dan lebih modern, belakangan dikenal dengan sebutan “dancedhut”.

Nama Endang Raes menjadi indentik dengan lagu-lagu Sibad. Selain single “Melanggar Hukum” dan “Brondong Tua”, lelaki yang populer lewat lagu ciptaannya “Termiskin di Dunia” juga menciptakan sederet lagu lain dan mengawal sukses Sibad di dunia musik.

Lagu-lagu ciptaan Endang Raes untuk Sibad di antaranya “Suamiku Kawin Lagi”, “Sama Sama Selingkuh” (duet Endang Raes dan Sibad), “Terong Dicabein”, “Bara Bere”, dan “Video Call Aku”. Namun, di antara semuanya, “Brondong Tua” menjadi kata kunci untuk Sibad dan pencipta lagu yang kini berusia 56 tahun itu. (A3)

 

Mau tau berita lainnya, klik di sini 

Exit mobile version