Siap Rilis Single Solo, Ujung Oppa Cerita Perjalanan Karirnya dari Korea ke Indonesia

Jakarta, Youtuber asal Korea Selatan, Ujung Oppa, kini tengah berbahagia. Ia baru saja menikahi kekasihnya yang juga seorang penyanyi dangdut, Kania.

Di sela-sela kebahagiaan sebagai pengantin baru, pemilik nama asli Hwang Woo Joo itu sudah kembali bekerja. Bersama NAGASWARA, Ujung Oppa tengah mempersiapkan rilis single solo terbarunya.




“Doakan single baru aku segera rilis. Lagunya berkonsep komedi. Penampilan aku di lagu ini mirip Oppa Gangnam Style. Seperti apa lagunya kita tunggu tanggal mainnya,” terang Ujung Oppa saat ditemui di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/8/2021) kemarin.

Menikah dengan perempuan asal Indonesia, menyukai lagu dangdut dan sepenuhnya cinta terhadap Indonesia, memang sudah jadi pilihan Ujung Oppa.

Ketertarikan penyanyi kelahiran 19 Juli 1985 kepada segala hal yang berbau Indonesia dimulai sejak ia duduk di bangku SMA. Saat kuliah di Hankook University of Foreign Studies, Ujung Oppa mengambil jurusan penerjemah bahasa Indonesia.

“Pada tahun 2004 saya ikut pertukaran mahasiswa ke Universitas Indonesia, Depok. Awal pertama datang ke Indonesia saya sempat kaget. Ternyata di Indonesia ada gedung-gedung tinggi seperti di Korea. Dengan uang saku mahasiswa, saya sangat senang dengan biaya hidup di Indonesia yang murah. Apalagi dengan makanan yang beragam,” jelas Ujung Oppa.

Setelah lulus kuliah, Ujung Oppa menjadi dosen bahasa Indonesia di Korea. Selain itu ia juga menjadi penerjemah bahasa Indonesia di kantor staf presiden.

Beberapa buku yang berhubungan dengan pelajaran bahasa Indonesia juga sudah ia tulis, salah satunya kamus bahasa Korea-Indonesia. Tak hanya itu, Ujung Oppa juga sempat menjadi presenter acara traveling di TV Korea.

Selama di Indonesia, Ujung Oppa mengamati lagu-lagu dangdut. Padahal, pada awalnya, ia mengaku tidak suka dengan lagu dangdut. Karena sejak kecil ia sudah bercita-cita menjadi penyanyi rock.

Namun Ujung Oppa sadar bahwa lagu dangdut bisa masuk ke genre musik apa saja. Akhirnya ia mencoba menjadi penyanyi dangdut.

“Bulan April tahun 2014, saya mencoba ikut audisi penyanyi dangdut di Jakarta dan diterima. Hari itu saya dinobatkan sebagai penyanyi dangdut pertama asal Korea dengan lagu berjudul ‘Mama Papa’. Kemudian saya pulang ke Korea membuat video klip di sana dan lagu tersebut jadi booming di YouTube,” ujar Ujung Oppa.

Ujung Oppa kemudian kembali ke Indonesia dan meneruskan karirnya sebagai penyanyi dangdut. Ia juga menciptakan ‘goyang ujung’, dimana goyangan yang diciptakan dirinya tersebut tidak lain adalah gaya beberapa patung ternama di Indonesia seperti Patung Senayan dan Patung Pancoran. Hingga namanya sekarang pun populer dengan sebutan Ujung Oppa.

Saat Ramadan yang lalu, Ujung Oppa terlibat dalam pembuatan single religi berjudul “Si Udin Bertanya (Robbana Atina)” bersama Ratu Meta, Denias dan Kania yang kini menjadi istrinya. Selanjtnya, NAGASWARA mempercayakan Ujung Oppa merilis single solonya. NSM/Tim NMC

Mau tau berita lainnya, baca disini




Share Yah

Comments

comments