Ren Tobing Kenang Mendiang Koes Hendratmo Sahabat Karib Ayahnya

Jakarta, Kabar duka meninggalnya artis senior Koes Hendratmo pada Selasa (7/9/2021) kemarin, turut menyisakan duka bagi keluarga besar Ren Tobing. Pasalnya, almarhum Koes Hendratmo diketahui snagat dekat dengan ayah Ren, Hakim Tobing.

Koes Hendratmo dan Hakim Tobing bahkan pernah menjadi vokalis dari Vokal Grup (VG) Gordon Tobing di tahun 1960-an. Ketika itu, mereka kerap diundang Presiden Soekarno ke Istana.




“Dalam perjalanan mereka berdua akhirnya keluar dari VG Gordon Tobing. Itulah awal solo karir ayah saya Hakim Tobing sebagai seorang penyanyi dan MC, bersama-sama dengan Koes Hendratmo,” ungkap Ren Tobing saat dihubungi NAGASWARA News, Rabu (08/9/2021).

Koes Hendratmo dan Hakim Tobing begitu dekat sebagai sahabat sejak usia muda. Bahkan, keluarga dan turun ke anak-anaknya. Perjuangan mereka dari awal karir hingga menjadi penyanyi dan MC papan atas Indonesia tidak terlepas dari persahabatan.

Mereka saling mendukung, baik di atas panggung bersama-sama maupun dalam kehidupan pribadi masing-masing. Ren Tobing mengenang, sejak kecil ia sudah diajak melihat penampilan ayahnya dan Koes Hendrtmo.

“Saya sendiri dari kecil sering diajak untuk melihat mereka berdua manggung, sehingga banyak sekali gaya entertainment mereka berdua yang memengaruhi style Ren Tobing sebagai artis penyanyi dan pembawa acara,” lanjut pelantun Single “Goresan Tinta Cinta” itu.

Menurut Hakim Tobing seperti yang disampaikan lewat putranya Ren, mengatakan sahabatnya Koes Hendratmo adalah artis penyanyi, pembawa acara dan entertainer yang serba bisa. Selain itu Hakim Tobing menilai bahwa Koes Henratmo adalah sabat yang baik. Jika saat Idul Fitri dan Natal, keluarga mereka saling silih berganti untuk mengunjungi.

Kedekatan Ren Tobing dengan keluarga Koes Hendratmo juga terjalin sampai anak-anak mereka. Ren kakak beradik dari kecil sudah main dengan Anda, putra pertama Koes dan Bonita yang juga dua-duanya juga penyanyi.

“Terakhir tahun lalu diawal pandemi, Oom Koes pernah berkunjung ke apartemen ayah saya. Kebetulan ayah juga sedang ada di sana. Jadilah kita bertiga saling bernyanyi bersama sambil saya bermain piano. Ini kenangan yang indah banget,” kata Ren Tobing.

Hakim Tobing sendiri menuturkan bahwa dia tidak menyangka sahabatnya akan dipanggil Tuhan karena beberapa hari yang lalu mereka masih sempat bercakap-cakap dan bersenda gurau mengingat masa lalu melalui telepon, untuk meningkatkan imun kata mereka berdua.

“Keluarga Hakim Tobing menyampaikan dunia musik Indonesia kembali bersedih dan menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada seluruh keluarga almarhum Koes Hendratmo yang ditinggalkan. Kami mendoakan agar almarhum diberikan tempat di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan penghiburan sejati dari-Nya, Amin,” tutup pemilik Mogi Cafe yang terletak di kawasan Benhil, Jakarta Pusat itu. Tim NMC

Mau tau berita lainnya, baca disini




Share Yah

Comments

comments