Rakhan Devana, Penyanyi Milenial Berbahasa Jawa yang Gemar Nonton Drakor

Jakarta,Di tengah gempuran musik luar serta menjamurnya drama Korea (drakor) di kalangan netizen, Rakhan Devana, justru mempersiapkan single berbahasa Jawa.

Sosok remaja kelahiran Jakarta itu mengaku ini adalah tantangan. Meskipun banyak teman-temannya di sekolah menggemari drakor, Rakhan Devana yakin dengan keputusannya.




Padahal, mungkin bagi sebagian remaja lain, menyanyikan lagu berbahasa Jawa, sangat tidak mencerminkan upaya westernisasi (kebarat-baratan).

“Kalau aku tidak perlu malu nyanyi bahasa Jawa, karena aku yakin bisa mensupport lagu bahasa Jawa ke tingkat internasional,” papar Rakhan Devana saat ditemui NAGASWARA News di lokasi pembuatan video klip single terbarunya di Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (22/2/2021).

Siswa Winsor Home Schooling sejak SMP itu berharap, single perdana berbahasa Jawa ini bisa membuat masyarakat Jakarta lebih terbuka dan tidak hanya terkesima dengan produk luar (drakor).

“Temen-temen sekolah juga banyak orang Jawa, aku berharap masyarakat asli Jakarta lebih terbuka menerima lagu-lagu bahasa Jawa,” ujar pemilik zodiak Libra itu.

Alasan kenapa memilih lagu berbahasa Jawa karena menurutnya, bahasa Jawa adalah bahasa mayoritas di pulau Jawa.

“Meskipun aku juga suka nonton drama Korea, tapi kita tidak boleh melupakan bahasa daerah seperti bahasa Jawa yang memperkuat bahasa Indonesia,” ucapnya. NSM/(KimSadewa)

Mau tau berita lainnya, baca disini




Share Yah

Comments

comments