Pengalaman Nyanyi dari Panggung ke Panggung Membuat Mechalika Tahan Banting

Jakarta, Menjalani karir sebagai seorang penyanyi, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini dialami penyanyi multi talenta, Mechalika. Di awal-awal menjadi penyanyi, Mechalika yang selalu dikawal ibunya, pernah mengalami mengisi acara tanpa mendapat bayaran.

Penyanyi yang populer dengan Goyang Keket itu mengenang, di awal baru belajar bernyanyi dan tampil di panggung, ia mendapat bayaran dari saweran penonton. Sempat juga dibayar 75 ribu rupiah, tapi harus bernyanyi dari pagi sampai jam 12 malam.




“Suka dukanya, kalau dulu itu waktu disawer-sawer sembarangan. Bahkan, pernah nggak dibayar sama sekali karena panitianya nggak nutup biayanya. Untung kita masih dikasih transport buat pulang,” ungkap Mechalika kepada NAGASWARA News, Senin (23/8/2021).

Tidak sekali Mechalika mengalami kecelakaan saat bernyanyi di atas panggung. Mulai dari panggung roboh, menggunakan mic yang dialiri setrum, kejeblos lobang di panggung, dan sejuta pengalaman unik saat tampil di panggung-panggung musik daerah.

Tidak hanya itu, meski baru dikenal sebagai penyanyi panggung ke panggung, ia harus sudah belajar diterpa gosip. Tidak hanya penyanyi besar yang kesambar gosip, selevel Mechalika yang masih menjadi penyanyi daerah saat itu pun rentan kena gosip.

“Mulut orang kan pasti ada yang suka dan ada yang nggak suka. Namanya penyanyi, dianggap sebelah mata karena pulang malam bahkan pulang pagi,” ujar Mechalika yang sempat menjadi presenter di acara “Pulsa Musik TVRI” dan “Gerobak Rezeki” di TPI (sekarang MNC TV) itu.

Lahir dan mulai manggung di daerahnya di Pekalongan, Jawa Tengah, Mechalika sudah terbiasa menerima undangan manggung sampai ke Jakarta dan beberapa daerah sekitarnya seperti Cikarang, Tangerang, Karawang dan Bogor.

Undangan manggung yang terbilang jauh itu, membuat orang berpikiran macam-macam terhadap profesi penyanyi yang tengah ia rintis. Pasalnya, sekali manggung, ia baru pulang ke rumah setelah berhari-hari.

“Nah dari situ kayanya aku itu ingin buktiin kepada mereka. Aku jadi rajin banget ikut audisi, casting-casting sampai mulai kelihatan tampil di televisi. Sempat rilis single di label tahun 2016, dan sekarang di NAGASWARA dengan single ‘Bucin Halu’,” ujar penyanyi yang juga lulusan D3 Jurusan Broadcasting Universitas Guna Dharma Jakarta itu. NSM/Tim NMC

Mau tau berita lainnya, baca disini




Share Yah

Comments

comments