Site icon diberitain.com

P-Frozen di Hari Musik Nasional 2022, Musik untuk Suarakan Perdamaian

P-Frozen di Hari Musik Nasional 2022, Musik untuk Suarakan Perdamaian

Jakarta, Hari Musik Nasional (HMN) yang selalu diperingati tanggal 9 Maret, dan tahun ini adalah peringatan yang ke-9, merupakan moment spesial bagi semua musisi Indonesia, termasuk P-Frozen rapper asal Bali.

Bagi pemilik single “Mystery” yang bernama lengkap I Gede Pasek Mancapara itu, selain musik adalah kehidupan, musik juga bisa menciptakan perdamaian dan menghentikan perang. Hal ini ia sampaikan kepada NAGASWARA News, Rabu (9/3/2022).

“Musik memiliki kedudukan yang sangat diperhitungkan dalam kehidupan kita, dan peringatan HMN berkaitan erat dengan sejarah kemerdekaan dan cerita WR Supratman sebagai pencipta lagu Indonesia Raya,” papar musisi yang juga dosen pengajar di 2 kampus ternama di Bali itu.

Menurut P-Frozen, musik menjadi sebuah peradaban dan tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Musik sudah ada sejak jaman kuno baik itu di Mesir, Roma, Yunani, India, China, Jepang hingga Indonesia.

Musik tak hanya sebagai identitas diri dan sosial tapi juga memiliki manfaat lainnya seperti untuk ritual, untuk kesehatan, menghilangkan stress, ataupun sebagai wadah kreativitas.

“Bahkan lewat musik juga bisa dijadikan mediasi dalam menghentikan ketegangan untuk berperang dan mewujudkan perdamaian, seperti lagu Bimbo berjudul ‘Surat Buat Tuan Reagan dan Tuan Androvov’ di tahun 1984 silam,” tambah P-Frozen. (BBM)

Mau tau berita lainnya, baca disini

Exit mobile version