Nini dan Pay CARAMEL Syukuran dengan Tumpeng

Jakarta, Nini, vocalis Caramel, turut hadir pada prosesi pemotongan tumpeng 19 Anniversary NAGASWARA, Senin (10/09/2018). Menurut pelantun single “Akar Peneguh” itu, nasi tumpeng selalu menjadi bagian penting dalam beragam perayaan di Indonesia, salah satunya saat perayaan 17 Agustus.

“Kegiatan memotong nasi tumpeng seringkali menjadi puncak sebuah acara atau menyukuri kelahiran atau ulang tahun,” tuturnya, kepada NAGASWARA News.

Mengapa nasi tumpeng menjadi elemen yang sangat penting dalam perayaan di Indonesia khususnya Pulau Jawa? Konon, keberadaan nasi tumpeng dengan disertai doa, menjadi simbol sebuah kesuksesan di hari mendatang.

“Nasi tumpeng biasanya ada di acara selamatan dan syukuran. Terkadang kita rancu dengan dua kata itu, tetapi sebenarnya keduanya berbeda,” ujar Pay, gitaris Caramel.

Menurut Pay, “selamatan” merujuk kepada sesuatu yang belum dikerjakan. Sedangkan “syukuran” adalah sesuatu yang sudah terjadi dan disyukuri.

“Misalnya Indonesia sudah merdeka, itu syukuran. Sedangkan selamatan misalnya meminta keselamatan bagi Indonesia ke depannya. Konsep bersyukur dan meminta apa pun selalu berkaitan dengan Tuhan,” tegasnya. NSM/KimSadewa

Mau tau berita lainnya seputar Caramel, baca disini

Share Yah

Comments

comments

diberitain.com