Karir Jaya RPH di Musik Dimulai dengan Jadi OB di Studio Rekaman

Jakarta, Jaya RPH tercatat sebagai personil RPH (Republik Pengvasa Hati). Sejak mencuat dan berkibarnya nama RPH di industri musik tanah, nama Jaya juga ikut meroket bersama rekan sekaligus pendiri RPH, Yogi.

Namun, di balik itu, kisah perjalanan hidup Jaya tak seglamour project musik RPH yang berkolaborasi dengan sejumlah penyanyi dangdut papan atas seperti Zaskia Gotik, Nella Kharisma dan Siti Badiriah (Sibad).

Pria kelahiran Karawang, Jawa Barat, 2 April 1988 yang bernama asli Jaya Wijaya itu merintis karir musiknya benar-benar dari level terbawah. Siapa mengira, pencipta lagu religi “Rejeki Tak Tertukar” milik Bebizy itu memulai kerja sebagai Office Boy (OB).

Karir Jaya RPH di Musik
Karir Jaya RPH

“Awal karir di musik berawal dengan menjadi OB di studio Blackboard di daerah Muara Karang, Jakarta Utara. Tapi dari situ saya berkesempatan mempelajari musik dan teknik rekaman secara otodidak,” buka Jaya RPH saat berbincang dengan NAGASWARA News di kantor NAGASWARA, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/7/2020).

Jaya tentu punya alasan bekerja sebagai OB pada awalnya. Ia menyadari, pendidikannya tidak tinggi. Bahkan, setamat SMP, lelaki yang juga pandai ngerap itu sempat tidak bekerja apa pun selama enam bulan. Sebelum diterima bekerja sebagai OB di perusahaan rekaman Blackboard, Jaya pernah jadi kuli bangunan.

“Saya hanya lulus sekolah SMP tahun 2004. Sempat menganggur selama enam bulan hingga akhirnya ikut kenekin bapak di mobil pengangkut bahan bangunan. Selain itu, saya pernah jadi satpam, kuli bangunan, pelayan restoran, hingga akhirnya jadi OB di Blackboard,” tutur Jaya yang bersama RPH featuring Sibad menyanyikan lagu “Nikah Sama Kamu”.

Tahun 2009, Jaya bergabung di NAGASWARA. Di label musik yang menghasilkan bintang-bintang dangdut ini, Jaya yang juga sering memakai nama Dirja Wijaya itu berkerja sebagai teknisi sound di studio rekaman. Ia juga mulai belajar menciptakan lagu. Hingga akhirnya, tahun 2017, ia diajak Yogi untuk membentuk RPH.

Lewat group RPH, eksistensi Jaya sebagai artis dikedepankan. Selain featuring dengan sejumlah penyanyi dangdut papan atas, RPH juga merilis karya-karya mereka engan konsep dangdut hip hop. Sebut saja salah satu larya mereka yang paling populer adalah single “Lagi Tamvan”.

Proses panjang dan berliku tak pernah membuat Jaya putus asa merintis karirnya di dunia musik. Suami dari Lia Agustina itu yakin, kerja keras dan kejujuran yang dibangun, akan menjadi investasi untuk menemukan keberhasilan dan kebahagiaan. Bagi Jaya, kehidupan ini akan mengalir bagaikan air.

“Mungkin semua ini, saya anggap sebagai pembuka jalan karir saya di dunia musik. Dan dari kisah ini saya jadikan riwayat yang tak terlupakan. Bagi saya, riwayat hidup adalah skenarionya Allah,” terang Jaya. NSM/(BBM).

Mau tau berita lainnya, baca disini

Share Yah

Comments

comments

diberitain.com