Ini Saran Balena bagi Penyanyi yang Ingin Mengcover Lagu

Jakarta, Penyanyi Balena akhir-akhir ini sudah merilis sepuluh judul lagu cover yang ia unggah ke YouTube. Di antara 10 lagu tersebut, salah satunya adalah single “1000 Alasan” yang dipopulerkan Zaskia Gotik.

Tentu saja, Balena tidak serta merta memproduksi cover single tersebut, tanpa proses ijin kepada publishing yang bersangkutan.

“Sebelum melakukan cover, kita harus ijin demi menghargai hak cipta dari sebuah karya lagu,” ujar pelantun single “Yang Kunanti” itu, kepada NAGASWARA News, belum lama ini.

Di tengah maraknya penyanyi yang membawakan ulang lagu yang sudah pernah dibawakan penyanyi lain alias mengcover lagu di sejumlah platform media sosial seperti YouTube, Balena mengingatkan agar tak melanggar hak cipta.

“Sebenarnya cover itu tidak apa-apa, cuma kita harus tahu ketika memonetisasi itu kan ada pihak dari pemilik lagu. Pemilik lagu ini bisa mengeklaim. Jadi, ketika diklaim sama pemilik lagu ini, kita tidak boleh protes karena memang itu hak dia,” kata Balena, disela-sela syuting video klip cover, sebelum masa PSBB berlangsung.

Pelantun single “Yank” versi cover itu mengatakan bahwa sebelum mengcover lagu, sepatutnya seorang penyanyi terlebih dahulu mendapatkan izin dari sang pencipta lagu.

Mengurus izin kepada publisher yang menangani hak cipta lagu tersebut juga lebih ia rekomendasikan.

“Kalau kita lebih serius lagi lebih baik izin sama publisher. Jadi izinnya bukan sama ke penyanyinya. Ketika diizinkan pun bukan berarti secara copyright itu sudah bebas, tetap berlaku tata caranya,” tegas Balena.

Hal yang sama, menurut pelantun single “Baper” itu, berlaku juga ketika pencipta lagu atau penyanyi tersebut sudah meninggal dunia harus mendapat izin terlebih dahulu.

Balena mengatakan royalti dari hak cipta sebuah lagu dapat menjadi salah satu aset berharga bagi seorang musisi.

Untuk itu, penting menurut penyanyi cantik asli Sukabumi ini setiap musisi mengetahui aturan mengenai hak cipta karya.

“Seperti sekarang saat kita enggak bisa mendapatkan uang dari panggung, salah satunya ya dari royalti. Itu kan sebenarnya aset yang berjalan sendiri. Harusnya seperti itu,” pungkasnya. NSM/[KimSadewa]

Mau tau berita lainnya, baca disini

Share Yah

Comments

comments

diberitain.com