Hesty Klepek-klepek Pelajari Sejarah RSPAD

Jakarta, Saat diundang untuk memeriahkan acara HUT ke 69 RSPAD pada akhir pekan kemarin, Hesty Klepek-klepek banyak mendapat wawasan sejarah. Pelantun single “Cinta Pertama” ini sebelum perform memang sempat berbincang-bincang dengan Kolonel Ckm Drg Vera Dumonda S MARS KETUA SIE Family Gathering.

Setelah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia tanggal 29 Desember 1949, salah satu instalasi kesehatan militer yang diserahkan kepada tentara nasional Indonesia ialah “Leger Hospital Batavia” .

Pada tanggal 26 Juli 1950 dilaksanakan serah terima rumah sakit dari pihak TNI diwakili Letnan Kolonel Ckm Dr. Satrio dan dari KNIL diwakili oleh Letnan Kolonel Dr. Scheffers.

“Aku jadi banyak mengenal sejarah berdirinya rumah sakit kepresidenan ini dari ibu Vera yang baik hati,” ungkap Hesty kepada NAGASWARA News.

Pada awalnya rumah sakit ini diberi nama Rumah Sakit Tentara Pusat (RSTP). RSTP adalah suatu lembaga di bawah Djawatan Kesehatan Tentara Angkatan Darat (DKTAD).

Pada tahun 1953 sebutan DKTAD berubah menjadi DKAD. Sebutan ini memengaruhi juga nama RSTP menjadi Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RUMKIT PUS-AD), namun singkatan yang lebih dikenal adalah RSPAD.

Nama RSPAD ini berjalan sampai akhir 1970, untuk memberi kehormatan kepada tokoh TNI Angkatan Darat yang banyak jasanya terhadap para prajurit yang menderita sakit yaitu Jenderal TNI Gatot Soebroto mantan wakil Kepala Staf Angkatan Darat.

“Belajar sejarah itu wajib untuk menghormati jasa para pahlawan,” tegas Hesty yang pernah merilis single “Curi-Curi Curhat” tahun 2016. NSM/[KimSadewa]

Mau tau berita lainnya seputar Hesty Klepek Klepek, baca disini

Share Yah

Comments

comments

diberitain.com