Biasa Mudik Jadi Alasan Merpati Bikin Lagu Religi Mudik

Jakarta, Ramadhan tahun ini, Merpati band merilis single religi bertajuk “Mudik”. Inspirasi penciptaan lagu ini terbilang tak biasa jika dibandingkan dengan nomor-nomor religi yang sudah pernah dirilis band asal Ciamis, Jawa Barat itu.

Jika sebelumnya Andi dan rekan-rekannya banyak berbicara soal hubungan antara Tuhan dan makhluk-nya, maka lewat single “Mudik“, mereka mencoba memotret fenomena mudik yang sudah jadi tradisi orang Indonesia.

“Lagu ini terinspirasi dari kita sendiri setiap menjelang Idul Fitri. Kita selalu mudik. Kita orang perantau, aslinya dari Banjarsari, Ciamis, Jawa Barat, tapi bekerja di Jakarta. Tiap tahun mudik. Makanya saya pikir Ramadan ini kenapa nggan angkat tema mudik jadi sebuah lagu,” ungkap Andi Derisman, vokalis dan pencipta lagu-lagu Merpati kepada NAGASWARA News baru-baru ini.

Tak hanya hadir dengan tema yang berbeda, secara musikalitas lagu “Mudik” juga berbeda dari lagu-lagu religi Merpati sebelumnya. Selain dibuat lebih ringan, lagu ini tidak dikerjakan secara full band melainkan dengan format akustik.

“Formatnya akustik. Jadi kita nggak ada distorsi, kita nggak ada drum. Lebih ringan karena akustik semua yang kita kombinasikan dengan akordeon. Belum pernah kita bikin lagu seperti ini,” tambah Daus, gitaris Merpati band.

Lebih dari itu, Merpati berharap lagu mereka dapat mengisi kegembiraan saat waktu mudik tiba. Bermacet-macet ria di sepanjang perjalan menuju kampung halaman, sudah menjdi tradisi yang harus dinikmati. Merpati diawaki oleh empat personil yakni; Andi (vokal), Dauz (gitar), Boegi (drum), dan Ayuz (bas). NSM/aa

Mau tau berita lainnya seputar Merpati, baca disini

Share Yah

Comments

comments

diberitain.com