Andi Boegil Merpati Band Bisnis Audio Termasuk Podcast

Jakarta, Andi Boegil, Podcast semakin digemari masyarakat, terlebih di kalangan milenial. Selain mudah diakses, podcast yang berisi siaran berbagai konten audio juga dapat memberikan pengetahuan dan sudut pandang baru pul menghibur.

Andi Apriatna alias Andi Boegil, drummer Merpati band, pun sudah menggeluti bisnis ini sejak tahun 2010 silam. Kepada NAGASWARA News, ia berbagi cerita soal suka duka menggeluti bisnis Podcast dan audio dibaliknya.




“Ide bisnis podcast awalnya di Merpati band saya rekaman audio. Pada tahun 2010 bahkan saya sudah bisnis rekaman. Waktu itu saya bikin studio untuk dubbing, bikin dubbing buat tv channel di antara Discovery TV,” ungkap Andi Boegil, (6/4/2021).

Pada tahun 2017 Andi mulai menggarap Podcast, walau pada waktu itu tidak seramai sekarang ada spotify ataupun YouTube. Ketika itu, Andi tidak terpikir seramai sekarang dalam hal bisnisnya dan hanya sebatas konten audio.

“Saya melihat konten audio mempunyai prospek bisnis. Tidak hanya musik ternyata konten audio secara verbal bisa mempengaruhi banyak orang. Jaman sekolah saya sangat susah menghafal dengan membaca, jadi saya merekam buku yang saya baca dan saya putar ulang rekaman itu sampai hafal isi buku itu,” lanjut Boegil.

Andi terobsesi dengan podcast ketika mendengar konten Gofar Hilman dan bisnis ini pun ramai sampai sekarang. Kemudian Andi membuat konten bersama Bang Koboi dengan nama “Koboi Show” dan juga membuat konten soal keuangan.

“Karena Corona saya diuntungkan karena orang banyak di rumah masyarakat mungkin bosan dengan Youtube dan banyak mendengarkan Podcast. Alhamdulilah dua tahun berjalan saya menjadi produser sekaligus produksi bahkan mencari iklan untuk program Podcast saya itu,” jelas Andi.

Bahkan saat ini Andi mendapat klien dari luar negeri untuk membuat audio book. Yaitu merekam isi buku menjadi konten audio. Andi melihat bisnis audio sangat luas dan banyak yang bisa digarap selain musik.

“Saya melihat prospek bisnis audio tidak hanya musik ataupun audio konten.Bahkan musik 5 dimensi pun bisa kita garap untuk audio derama. Audio Dolby ini sudah dipakai band NOAH dalam konsernya. Ada lagi sound desaint dan lain-lain. Semoga bisnis ini semakin berkembang termasuk Podcast,” pungkas Andi yang kini konsentrasi di bisnis audio. NSM/Tim NMC

Mau tau berita lainnya, baca disini




Share Yah

Comments

comments

diberitain.com