Site icon diberitain.com

Ahmad Dhani vs Al Ghazali Nyanyi Lagu Jadul

Bukan hal baru bagi Ahmad Dhani mengcover lagu-lagu lawas atau jadul. Belakangan, audio pentolan Dewa 19 itu mengcover lagu “Nuansa Bening” milik Keenan Nasution viral di medsos, terutama TikTok.

Selera musik Ahmad Dhani memang acak. Ia tidak fanatik pada satu aliran musik tertentu. Sekarang jazz, besok bisa saja Ahmad Dhani lagu jadul, bahkan dangdut. Pengetahuan musiknya yang luas membuat Dhani dengan mudah menemukan siapa penyanyi yang ia sukai untuk dinyanyikan ulang lagu mereka.

Setidaknya Dhani pernah mengcover lagu lawas antara lain “Madu Tiga” (milik seniman legendaris Malaysia P. Ramlee tahun 1964), “Di Wajahmu Kulihat Bulan” (dinyanyikan Sam Saimun tahun 1960), “Semua Bisa Bilang” (The Mercy’s tahun 1975), dan lain sebagainya.

Tidak hanya berhenti di dia, Dhani juga menularkan kesukaannya akan karya-karya musisi lawas itu kepada anak-anaknya. Al Ghazali, putra sulung Dhani misalnya, pernah merilis lagu “Kisah Kehidupan” di NAGASWARA tahun 2019.

“Kisah Kehidupan” yang merupakan ciptaan Erwin Gutawa dan Harry Kiss pernah dinyanyikan oleh grup Karimata featuring Harvey Malaiholo tahun 1987. Sama halnya dengan sang ayah, Al yang lahir tahun 1997 itu dengan mudah menyanyikan lagu tersebut.

Padahal jika dibandingkan dengan kebiasaan lagu-lagu yang dinyanyikan Al Ghazali, “Kisah Kehidupan” memiliki tingkat kesulitan lebih. Lagu tersebut kental dengan unsur pop dan jazz dengan nada yang upbeat.

Tentu saja dalam lagu tersebut Al Ghazali tidak berjalan sendiri. Lagu yang merupakan hadiah dari Dhani untuk putranya saat berulang tahun ke-20 itu, diaransemen ulang agar terasa lebih “muda” dan pantas dibawakan Al Ghazali. (A3)

Exit mobile version