Site icon diberitain.com

Adab Rieka Roslan Saat Nyanyi Lagu Orang

Adab Rieka Roslan Saat Nyanyi Lagu Orang

Adab Rieka Roslan Saat Nyanyi Lagu Orang

Pencipta lagu yang juga dikenal sebagai mantan vokalis The Groove. Rieka Roslan mengungkapkan kebiasaannya saat diminta manggung membawakan lagu orang lain. Hal itu dilakukan Rieka sebagai bentuk adab dan sopan santunnya.

Saat diminta manggung dan menggantikan seorang vokalis untuk sementara waktu, Rika mengatakan akan meminta ijin kepada vokalis bersangkutan. Ia mengambil contoh interaksinya dengan vokalis senior Tri Utami dari grup band Karimata.

“Ada masa saya diminta bernyanyi salah satu lagu Krakatau saat teteh sedang tidak lagi bersama Krakatau. Saya langsung telepon kakakku @iitrieutami sebagai bentuk respek hormat sebagai senior pendiri Krakatau sebagai sesama musisi dan sebagai manusia yang memiliki sopan dan santun,” tulis Rieka Roslan di akun Instagramnya @rieka.roslan seperti yang dilihat, Rabu (22/5/2024).

Meski dikenal sebagai salah satu vokalis dengan suaranya yang khas, Rieka tetap menyebut banyak kekurangan. Perempuan berusia 54 tahun tetap mengakui bahwa ia tak dapat bernyanyi sebaik Trie Utami.

“Dan saya dengan jujur bilang Teteh aku diminta bawain lagu ‘Kau Datang’ di Karakatau. Aku ijin maaf bila saya membawakan lagunya tidak sesempurna Teteh. Ijin Teh boleh?,” lanjut pencipta lagu “Dahulu” yang pernah ia nyanyikan saat masih bersama grup The Groove itu.

Minta Ijin Kepada Trie Utami

Tidak hanya kepada Trie Utami saja. Rieka Roslan juga mengaku selalu menyampaikan permintaan ijin serupa saat menyanyikan lagu ciptana musisi lain.

Lewat cara itu, Rieka yang sempat mengumpulkan lagu-lagunya di album “Kompilasi Story of My Life” itu berharap dapat menjaga adab sopan santunnya kepada sesama pencipta lagu.

“Dan hati aku lega saat Teteh mengijinkan dan setiap membawakan lagu-lagu saya selalu memention pencipta dan penyanyinya dari dulu sampai sekarang. Bagaimana menurut kalian? Bagus gak kita menjaga adab sopan santun seperti ini,” tambah penyanyi yang pernah merilis album dalam bentuk piringan hitam itu.

Bersama rekan-rekannya sesama musisi dan pencipta lagu seperti Ahmad Dhani, Piyu Padi dan Badai, belakangan Rieka Roslan bergabung dalam Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia (AKSI).

Lewat organisasi itu, Rieka dan rekan-rekannya ingin memperjuangkan hak-hak para pencipta lagu sekaligus memberikan pemahaman terhadap Hak Cipta di dunia musik. (A3)

Exit mobile version